DIDUGA MARAKNYA JUDI SABUNG AYAM, RESAHKAN WARGA SEKITAR

img 20201110 222702

KebumenBanyumaspos.com

Rabu,10/11/2020. Masih adanya masyarakat penggemar sabung ayam di Desa Peneket Kec Ambal. Di saat pandemic Covid_19 yang melanda, Kabupaten kebumen yang masih menjadi momok menakutkan, wilayah Zona Merah, di duga para penggemar sabung ayam masih tetap berjalan dan tanpa ada yang menggunakan masker dan bahkan tanpa mengindahkan Protocol Kesehatan. Sesuai Peraturan Bupati Kebumen.

Beberapa warga sekitar, merasa resah, dengan adanya pesta sabung ayam pada hari minggu 07/11/2020 sekira jam 12.00s/d 17.30 dan salah satu warga dari Desa Peneket Kecamatan Ambal, yang identitas nya tidak mau di sebutkan, menyampaikan kepada Media dengan adanya hal tersebut, di duga para penggemar dan disertai perjudian sabung ayam. Apa lagi lokasi tidak jauh dari masjid dan peristiwa kejadian tersebut di salah satu rumah penduduk dan berdekatan dengan tetangga, sehingga menurutnya tidak sesuai dengan norma agama dan mengganggu ketentraman warga setempat.
Dalam hal ini, Pengaturan perjudian sendiri dapat ditemukan dalam pasal 303 KUHP, pasal 30 KUHP dan UU nomor 7 tahun 1974 tentang penertiban perjudian. Perjudian dapat berpotensi, meningkatnya kejahatan serta pelanggaran terhadap norma norma sosial lainnya, misalnya orang yang kalah judi, karena kehabisan uang, orang itu akan melakukan pencurian, perampokan dan lain sebagainya. Hal ini sudah jelas merupakan problema sosial. Sehingga dengan demikian perlu adanya suatu pemecahan yang serius untuk memberantas perjudian, yang melanggar Pasal 303 ayat (1) Ke-1 KUHP dan dapat di jatuhi pidana kurungan selama 1 tahun penjara,”

 

img 20201110 222651Peristiwa tersebut dapat berjalan dengan mulus, di duga ada atensi ke beberapa oknum anggota keamanan setempat dan membekingi di belakangnya. Di mungkinkan adanya backing tersebut menurutnya, (para pelaku) akan merasa nyaman dan aman aman saja, sehingga tidak akan terendus oleh aparat kepolisian setempat, namun masyarakat pun mengetahui dan akan melaporkan kepada polsek setempat.

Sebagai masyarakat awam ( warga setempat) sangat menunggu respon dan kinerja dari pihak Kapolres kebumen untuk selalu sigap menangani dalam perkara perjudian dalam bentuk apapun segera di berantas dan pelaku perjudian di hukum dan diadili sesuai dengan Undang Undang yang berlaku.

Penulis : Parman

Next Post

SOSIALISASI PEMANTAPAN RELAWAN KOTAK KOSONG, HADIR PERWAKILAN 26 KECAMATAN SE KABUPATEN KEBUMEN

Sel Nov 10 , 2020
Kebumen – Banyumaspos.com Rabu 10/11/2020. Melihat secara kasap mata dan […]
img 20201110 wa0038