Di Balik Desa Kedung wringin Kecamatan Sempor Kab Kebumen

img 20200625 wa0076

Gombong—(Banyumas Pos)

Cagar budaya Asal – Usul Nama Wagerglagah/Wagirglagah
Setelah Kabupaten Kaleng dan kabupaten Pucang difusikan oleh Sultan pajang, Kyai Banyakgumarang menekuni dunia kapanditan (mbegawan) dengan belajar dan memperdalam agama Islam kepada Panembahan Grenggeng. Setelah dirasa memiliki bekal yang cukup, Banyakgumarang bertapa di gunung Pletuk, desa Kedungwringin, utara Gombong.

Bertahun – tahun ia bersila tanpa bergerak, sampai tempat bersila dan badannya ditumbuhi alang – alang dan rumput glagah. Utusan Kanjeng Panembahan Grenggeng yang diperintahkan untuk memanggil Banyakgumarang pun mengalami kesulitan saat menemukannya. Setelah membabati glagah dan ilalang, barulah Banyakgumarang ditemukan dalam kondisi hidup dan segar badannya, namun ada bersi lain bahwa bertapanya melakukan Tapa Pendem .

Sejak saat itulah Banyakgumarang disebut Kyai Wagerglagah. Setelah wafat, jenazahnya dimakamkan di bawah pertapaannya di desa kedungwaringin/Kedungwringin.

Kyai Muhammad Syafi’i Penasehat Diponegoro
Salah satu keturunan Kyai Wagerglagah adalah Kyai Muhammad Safi’i. Ia adalah putra darri Kyai Muhammad Jafar (makam di Brangkal) bin Kyai Nuryadin/Nur Muhammad (makam di Jungkemureb Alang – alang Amba Karanganyar) bin Kyai Jubari (makam di Kedungbulus, utara Gombong) bin Kyai Wirokerti Ngabehi Kaleng (makam di Kaleng) bin Kyai Wagerglagah.

Kyai Muhammad Syafi’i diambil menantu oleh Kyai Muhammad Ngisa Krandegan (Puring) (?). Ia kemudian menuntut ilmu di Dongkelan Yogyakarta mengikuti Kyai Syahabudin (kakeknya; ayah dari Ibunya).

img 20200625 wa0077

Tentang nama yang terakhir menurut tokoh masyarakat Bapak budi bahwa Wiro kerti mempunyai beberapa nama
1 . Banyak Gumarang
2. Wirokerto
3.Sunan Geseng

Ungkap Tusiman selaku sekdes Desa yang di hadiri juru kunci panembahan wagir glagah / wager glagah kedung wringin menyampaikan keteranganya kepada Dinas Kebudayaan Kebumen ,bapak Bambang Eko Atau biasa di panggil pak BE Kasi Kebudayaan (lia)

Next Post

Pemuda Pancasila Cab.Kabupaten Kebumen Ambil Sikap Untuk Menolak Adanya RUU HIP

Kam Jun 25 , 2020
Kebumen—Banyumas Pos Gejolak masyarakat ada rencana DPR RI yang masih […]
img 20200625 wa0079