Desa Kuntili Sumpiuh Dicanangkan Kampung Siaga Candi dan Bu-RNA

img 20200712 wa0000

Banyumas—(Banyumas Pos) Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka, S.I.K., mencanangan Desa Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas sebagai Kampung Siaga Candi sekaligus pencanangan Bunda Rumah Tangga Siaga Bencana atau Bu-RNA Kecamatan Sumpiuh Banyumas.

Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan pencanangan Kampung Siaga Candi merupakan hasil kerjasama dari Polresta Banyumas dengan Pemkab Banyumas melalui BPBD.

“Kenapa memilih Desa Kuntili, karena Desa ini sudah memenuhi ketahanan pangan, dengan UMKM kerajinan telur asin dan juga kerajinan yang lainnya”, ucap Ahmad Suryanto

Sementara itu Kapolresta Banyumas menuturkan pembentukan Kampung Siaga Candi ini melalui survei. Dan makna nama Candi diharapkan di seluruh Jawa Tengah nantinya di bentuk Kampung Siaga, karena di masa pandemi covid 19 bukan hanya masalah kesehatan tetapi siaga di bidang yang lainnya.

“Kampung Siaga yang kita bentuk merupakan progam dari Kapolda Jawa Tengah untuk menanggulangi akibat dari pandemi covid 19, diharapkan Kampung Siaga ini terbentuk dimana protokol kesehatan tetap kita laksanakan”, tuturnya.

Kapolresta menambahkan bahwa satu bulan yang lalu Babyumas berada di posisi zona hijau, sekarang turun menjadi zona kuning. Banyumas akan memasuki dengan new normal namun masyarakat salah menilai sudah normal, protokol kesehatan itu harus dilaksanakan.

“Kita melakukan kegiatan seperti biasa tetapi protokol kesehatan dari pemerintah harus dilaksanakan antara lain sesering mungkin mencuci tangan, pakai masker dan juga jaga jarak”, terangnya.

Sementara itu Bupati Banyumas Achmad Husein menyampaikan tentang perintah untuk membentuk Kampung Siaga dari Kapolda Jawa Tengah. Menurutnya dipilihnya Desa Kuntili, mengingat desa ini dapat menghasilkan hingga mencapai 7 ton gabah kering setiap Hektarnya, juga ada produk klanting dari singkong, ketahanan ketahanan itulah yang harus kita punyai.

img 20200712 wa0001

“Silahkan Kecamatan lain untuk membentuk Kampung Siaga sesuai dengan kemampuan dan porsinya masing masing, kebersamaan kita membuat masyarakat merasa damai”, ucap Ahmad Husein.

Pencanangan Kampung Siaga Candi ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Kapolresta dengan didampingi Bupati dan Dandin 0701 Banyumas. Dan dilanjutkan penyerahan bantuan berupa sembako oleh Kapolresta Banyumas, mmasker oleh Bupati Banyumas dan APD oleh Dandim 0701/Banyumas.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, SE, M.I. Pol, AKBP Kristanto Yoga Darmawan SIK., M.Si Wakapolresta Banyumas, PJU Polresta Banyumas, Hj. Ernawati Sulistio Husein Ketua Bu-RNA, Titik Puji Astuti Kepala BPBD Banyumas, Forkompimcam Sumpiuh, Kemranjen dan Tambak, Kepala Desa Kuntili beserta Perangkat Desa serta masyarakat setempat. (Lia)

Next Post

KETUA DAN SEKERTARIS SEKNAS JOKOWI JABODETABEK SEPAHAM DAN TEGAS KEPUTUSAN MA TAK PENGARUHI KEMENANGAN JOKOWI - MAKRUF AMIN

Ming Jul 12 , 2020
Jakarta (Banyumas Pos). Monisyah, S.Sos dan Malanton Jon Fiter, SH., […]
img 20200712 wa0004