DALANG DUTA BUDAYA DI EROPA DAN JEPANG DALANG SALTO PING SEKET, KI H. GUNARTO GUNO TALIJENDRO, AJAK GENERASI MILENIAL LESTARIKAN BUDAYA BANGSA

img 20200310 wa0014

img 20200310 wa0013

img 20200310 wa0012

DALANG DUTA BUDAYA DI EROPA DAN JEPANG DALANG SALTO PING SEKET, KI H. GUNARTO GUNO TALIJENDRO, AJAK GENERASI MILENIAL LESTARIKAN BUDAYA BANGSA

Jakarta (Banyumas Pos) – Pelestarian Budaya Nusantara perlu mendapat perhatian yang serius guna menanggulangi masuk dan mengakarnya budaya luar yang telah mengakar dan telah berpengaruh terhadap perilaku dan tatanan peradaban warga bangsa yang sudah cenderung mengarah kepada sikap intoleransi dan radikalisme, dengan kemasan keagamaan. Akhir-akhir ini.

Ki H. Gunarto Gunotalijendro, Dalang Salto Ping Seket, sosok Dalang yang juga seorang pengusaha ini dengan pengalaman berkiprah di dunia seni pedalangan di dalam dan luar negeri mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama untuk meningkatkan kepeduliannya melestarikan dan menjaga budaya bangsa yang adi luhung dari pergeseran maupun pengaruh budaya luar melalui ukuran keimanan.

Padahal sekiranya bangsa ini cerdas ukuran keimanan adalah sejauh mana kepatuhannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan melakukan perintah dan menjauhi larangan Alloh Swt.
Melalui pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan Dalang yang menyandang Duta Dalang di Eropa dan jepang ini merupakan salah satu emplementasi kepedulian dan ajakan Pemerintah melalui Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan untuk melestarikan budaya bangsa.

Sasaran pagelaran budaya wayang kulit kali ini adalah para generasi melinium, panitia yang di dukung anggota komisi X DPR RI Putra Nababan telah membagikan undangan kesejumlah SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi se Kota Madya Jakarta Timur dengan harapan para pengajar seni budaya baik di SLTA dan Perguruan Tinggi dapat mendorong anak didik dan mahasiswanya kembali melestarikan dan kembali mencintai budaya nusantara peninggalan nenek moyang negeri ini.
Ki H. Gunarto Gunotalijendro, SH.,MM.

Dalang Salto Ping Seket dengan segala pengalamannya di dunia seni pedalangan dan pengusaha konsultan akan menggoyang Jakarta, Sabtu 14 Maret 2020, di Kampus IBM ASMI Pacuan Kuda dengan Sabetan maupun antawacana dari ilahengan sampai tancep kayon. Tidak ketinggalan humor nan kocak dan iringan para pengrawit beserta para waranggono akan membuat para pecinta seni wayang kulit dan pengunjung tidak bergeser dari tempat duduk, karena semakin ditonton dan dinikmati seni wayang kulit akan semakin asyik.
Mencintai Budaya Mencintai NKRI.(santo).

Next Post

WASPADA BAHAYA VIRUS CORONA

Sel Mar 10 , 2020
WASPADA BAHAYA VIRUS CORONA ************************************* Assalaamualaikum wr. wb Dunia sedang […]
img 20200310 wa0016