CLEO anjing Pelacak Yang Memberikan Tanda Gonggongan 20x Sebagai Tanda Korban Masih Hidup

Waduk Sempor—( Banyumas Pos) Wilayah Kabupaten Kebumen termasuk di wilayah Kecamatan Kuwarasan merupakan wilayah yang rawan bencana seperti Gempa bumi,Banjir,Longsor,Angin Puting Beliung.Pelatihan Usar yang diadakan di Waduk Sempor Senen,7/10/2019 yang diikuti oleh peserta TNI,POLRI,OPD,Unsur Perangkat,Relawan dan Tim Relawan dari Luar Daerah dengan jumlah 50 0rang dan pelatihan dilatih langsung oleh Presdir dari Jakarta Rescue dan sebagai pengarah BNPB.
Acara ini dihadiri oleh Asisten 2,Kabid Ka.bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD,Kasatpol PP Kebumen R.Agung Pambudi,S.IP.M.Si. dan Camat Kuwarasan Drs.Susilo.

Pelatihan ini juga memberikan penghargaan Nepal Operation Palu kepada Rey Herawati BPBD Kebumen,Imam Suroto BPBD Kebumen,dan Cahyo Utomo Damkar Kebumen.

Dan Pelatihan ini juga menggunakan anjing pelacak Cleo
milik Rey Herawati dari BPBD yang sudah terlatih untuk mencari korban bencana apakah masih hidup atau sudah mati dengan memberikan gonggongan 20x gonggong.

Drs.Susilo mengatakan,pelatihan Usar,diawali dari pemikiran bahwa di Kabupaten Kebumen termasuk Kawarasan potensi bencana sangat tinggi,baik bencana Gempa bumi,Banjir,Longsor,Angim Puting Beliung,dan Waduk yang ada di wilayah Kebumen,waduk sempor,waduk wadaslintang,panjengkolan tidak akan mampu menahan kekuatan gempa tersebut.Tentunya masyarakat harus diinformasikan bagaimana cara menghadapi ini,sehingga mereka tidak resah dan tidak takut.Untuk mengiformasikan ke masyarakat harus mempunyai tim yang sangat terlatih.Dan di Kabupaten di Indonesia belum ada USAR,dan pertama yang memiliki USAR hanya di Kecamatan Kuwarasan.Pelaksanaan ini Susilo juga mengatakan dananya mandiri secara total,tidak mengunakan dana dari masyarakat ataupun dari Pemerintah dan atas partisipasi dari beberapa Kepala Desa dan secara pribadi.Harapanya,mereka bisa menyebarkan ilmunya untuk masyarakat seluruhnya di Indonesia bukan hanya di Kebumen saja,tandasnya. (Lia)

Berita Terkait

Leave a Comment