Cantelan Berkah Di Ajibarang Masih Berlanjut, Hari ini di Grumbul Tambakan

img 20200823 wa0002

BANYUMAS – (Banyumas Pos)Cantelan berkah yang digagas oleh Tim Penggerak PKK dan Pemerintah Desa Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas sejak 3 bulan lalu masih berlanjut. Gerakan sosial untuk peduli warga yang terdampak covid 19 itu selaras dengan Program Jogo Tonggo yang dicanangkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein mengatakan tiga bulan lalu Warga RW 08 Desa Ajibarang Kulon ini saling bantu di masa pandemi COVID-19. Para warga menggantung sembako dan bahan makanan pokok setiap hari di depan masjid Fuad Akbar dan sekarang sudah ada di setiap RW.

“Saya sangat mengapresiasi program sosial cantelan berkah berupa sedekah sembako, bahan makanan pokok, sayuran, mi instan, dan lain sebagainya yang didapat dari masyarakat yang mampu sebagai donatur untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu, terutama yang terdampak covid-19,” kata Erna Husein saat menyambangi kegiatan cantelan berkah di RW 09 dan 10, Jumat (22/08/2020).

Menurutnya, gerakan sosial untuk peduli warga yang terdampak covid 19 sangat penting terus di gaungkan, sehingga akan membentuk kesadaran saling berbagi. Kebiasaan ini menurutnya, lama kelamaan akan membentuk perilaku sosial yang baik yaitu saling berbagi dan bergotong royong.

“Saya berpesan agar barang yang dibagikan ini, belanjanya dari warung tetangga, jangan sampai setelah ada pembagian yang jualan jadi tidak laku,” kata Erna Husein.

Sementara itu Bupati Banyumas Achmad Husein selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk senatiasa menjalankan protokol kesehatan, seperti cuci tangan dan gunakan masker dalam setiap aktivitas kalo bisa juga selalu jaga jarak, meski agak sulit.

“Protkol kesehatan tidak boleh ditinggalkan, meski membantu sesama, protokol tetap dijalankan, hal tersebut untuk meminimalisir penyerabaran Covid-19. Harus ada upaya yang lebih keras dan disiplin dari semua lapisan masyarakat,” pinta Bupati Husein.

Sementara itu Ketua Panitia cantelan berkah RW 09 010 Anix Ariani mengatakan kegiatan aksi sosial dengan sukarela di Desa Ajibarang Kulon digelar setiap hari Jumat, warga yang merasa mampu menyediakan paket sembako, sayur dan bahan bahan makanan pokok lainya. Namun untuk warga RW 09 dan 10 ketempatan sebulan sekali.

img 20200823 wa0005

“Alhamdulillah banyak warga yang tertarik dan memberikan donasinya yang diserahkan kepanitia hingga untuk kegiatan hari ini mencapai 600 paket sembako dan bahan makanan pokok lainya,” katanya

Dengan pembagian cantelan berkah ini minimal akan membantu warga untuk kebutuhan 2 hari. Menurutnya setiap paketnya ada beras, sayur, tempe dan lainnya.

“Meskipun tidak sama tetapi komposisi sama ada beras dan sayuran, karena donatur memberikan jenis yang berbeda,” tambahnya. (Lia)

Next Post

Rumah Sakit "JIH" Purwokerto Mulai Dibangun

Ming Agu 23 , 2020
Purwokerto—(Banyumas Pos)Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono bersama-sana Ketua Yayasan […]
img 20200821 wa0005