Calon Unit Jurnalistik Kwarran Sokaraja Belajar Menulis

Sebanyak 16 pramuka penegak dan pandega yang tergabung dalam Dewan Kerja Ranting (DKR) Sokaraja berlatih tata cara menulis berita,
Minggu (10/11) di Sanggar Bakti Pramuka setempat. Peserta berasal dari unsur DKR, unit Pasukan Tunas Muda, calon unit Jurnalistik dan utusan Dewan Ambalan.

Ketua DKR Sokaraja Wanda Fitrianingsih mengatakan tujuan pelatihan jurnalistik untuk mengembangkan skill Pramuka penegak dan pandega mengenai ilmu kerjurnalistikan. Dengan ilmu tata cara menulis berita yang baik diharapkan mereka mampu mempublikasikan semua kegiatan Pramuka yang ada di pangkalan maupun di Kwartir Ranting Sokaraja.

“Setiap Pramuka adalah kantor berita, setiap kegiatan Pramuka mengandung unsur pendidikan yang bisa memberi inspirasi orang yang bukan Pramuka,” kata Wanda.

Pada kegiatan ini DKR menghadirkan pemateri dari Bidang Humas Kwarcab Banyumas. Parsito Sekretaris Bidang Humas Kwarcab membekali peserta tentang tehnik penulisan berita. Menurutnya berita itu harus mengandung unsur 5 W 1 H.

“Dengan memiliki unsur 5 W 1 H seorang penulis tinggal memberikan kata sambung saja. Maka ketika melakukan reportase unsur tersebut harus lengkap,” katanya.

Parsito menambahkan kekuatan media itu bisa mengubah cacing terlihat seperti naga. Artinya kegiatan kecil ketika diekspos oleh media akan diketahui banyak orang.

(lia)

Berita Terkait

Leave a Comment