Bupati Banyumas Resmikan Proyek Sanitasi

img 20200131 wa0016

img 20200131 wa0015

Bupati Banyumas Resmikan Proyek Sanitasi

BANYUMAS – Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di Kelurahan KarangKlesem, Kecamatan Purwokerto Selatan dan Desa Pasir Wetan Kecamatan Karang lewas serta peninjauan pembangunan rumah tidak layak huni, Jum’at (31/01). Kegiatan tersebut dilakukan secara safari dengan menggunakan sepeda Ontel yang dinamai “Gowes Sanitasi”

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Dinperkim) Junaidi mengatakan peresmian hasil pembangunan dalam bidang sanitasi yang dilaksanakan antara lain IPAL di Kelurahan Karangklesem Purwokerto Selatan merupakan Hibah Australia dan RTLH di Desa Pasir Wetan Kecamatan Karanglewas. Untuk IPAL Karangklesem dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Desember 2019, dengan dana sebesar 2.1 milyar. Dana tersebut dari program hibah Australia-Indonesia untuk Pembangunan Infrastruktur Sanitasi.

IPAL Komunal di Karangklesem ini merupakan sarana mengolah limbah kamar mandi dan air cuci, dengan komponen pendukung yaitu unit pengolah limbah, jaringan perpipaan dan sambungan rumah tangga.

“Nantinya IPAL ini bisa menampung lebih 260 KK, yang mendaftar sudah 160 KK, yang sudah beroperasi atau terpasang ada 40 KK, yang lainya sedang proses sambungan,” katanya

Ketua RW bapak Harsito mengatakan selain untuk pembuangan limbah, kelanjutan dari pembuatan IPAL tersebut akan diolah menjadi Biogas sebagai sumber energi terbaru, untuk memproduksinya dilakukan melalui proses fermentasi kotoran manusia atau hewan. Proses fermentasi ini nantinya akan menghasilkan gas yang bisa dimanfaatkan untuk memasak, atau bahkan penerangan.

“Semoga benar-benar terealisasikan untuk pengolahan Biogas dan minta kerjasamanya dengan KSM dan masyarakat agar terealisasikannya program tersebut agar lebih bermanfaat untuk masyarakat luas”, harapnya. (Lia)

Next Post

TIM GABUNGAN FUNGSI POLRES CIANJUR BEKUK GEMBONG CURANMOR >>LEBIH SERATUS UNIT KENDARAAN TELAH DIGASAKNYA

Jum Jan 31 , 2020
TIM GABUNGAN FUNGSI POLRES CIANJUR BEKUK GEMBONG CURANMOR >>LEBIH SERATUS […]
img 20200131 wa0021