BPS GANDENG POLITEKNIK KUATKAN BUDAYA RISET.

img 20200709 wa0029

Banjarnegara- Banyumas pos 09/07/2020 Kantor Balai Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banjarnegara memulai kemitraan dengan kampus vokasi milik Pemda, Politeknik Banjarnegara.

Sejumlah item kerjasama didiskusikan dalam pertemuan Kepala kantor BPS, Ratna Setyowati, MT, MA dan Direktur Politeknik, Dr Tuswadi bertempat di kampus Politeknik (9/7).

Terdapat 3 hal pokok yang sangat strategis untuk dikolaborasikan antara kedua institusi yaitu knowledge sharing, data sharing, serta joint-riset dan publikasi.

Menurut Kepala BPS, salah satu kegiatan rutin bulanan yang selama ini berjalan di institusinya adalah Program Knowledge Sharing-dimana setiap pegawai terutama para statistisi tampil di forum membagikan informasi-informasi terkini seputar data dan analisisnya atau pengalaman-pengalaman di lapangan yang sekiranya penting untuk diketahui oleh rekan sejawat.

Ke depan dengan MoU bersama Politeknik, pihak BPS mengharapkan para dosen dan peneliti dari kampus Polibara turut hadir baik sebagai nara sumber maupun peserta di Program Knowledge Sharing.

“Ketika dosen dan peneliti Politeknik tampil di hadapan rekan-rekan statistisi insaa Allah otomatis kami belajar budaya riset yang lebih baik. Terus terang kami butuh lebih banyak ilmu dalam hal riset dan publikasi ilmiah,” terang Ratna Setyowati.

Bahkan nantinya di Program Knowledge Sharing kedua insitusi akan mengundang pembicara baik dari dalam negeri (nasional) maupun luar negeri (internasional).

Untuk kerjasama data sharing-BPS dan Polibara akan terbuka memberikan pintu bagi peneliti di kedua institusi untuk mendapatkan data guna keperluan riset dan publikasi ilmiah.

Ini juga berlaku untuk seluruh mahasiswa Polibara yang membutuhkan data dari BPS.

“Kami selalu siap menyambut mahasiswa dari manapun termasuk dari Politeknik Banjarnegara sekiranya membutuhkan data untuk penulisan tugas akhir atau skripsi.

Asal data tersedia kami akan memberikan kemudahan akses data,” kata M Anwar Solichin, M.Si, statistisi muda yang mendampingi Kepala BPS.

Hubungannya dengan riset dan publikasi, BPS akan menggandeng Jurnal Ilmiah yang ada di Politeknik yaitu Jurnal Media Agrosains dan Jurnal Medsains untuk keperluan publikasi hasil riset yang dilakukan oleh para statistisi di lingkungan BPS.

“Ke depan tidak menutup kemungkinan statistisi BPS dan dosen/peneliti Polibara bermitra melakukan riset bersama dan hasilnya kemudian dipublikasikan di jurnal-jurnal bereputasi,” kata Dr Tuswadi.

Diharapkan pula para peneliti dari BPS maupun Polibara nantinya dapat terkirim ke kampus luar negeri mitra Politeknik seperti Hiroshima University dan Hijiyama University di Hiroshima untuk mengikuti joint-seminar guna mendesiminasikan hasil risetnya di hadapan para peneliti Jepang.

img 20200709 wa0030

Seperti baru-baru ini pada Februari 2020 satu dosen Politeknik dari program studi D-3 Kebidanan tampil di Indonesia-Japan Seminar Hiroshima University-Polibara dan Joint-Seminar Waku-Pro Hijiyama University-Polibara 2020 di kota Hiroshima.

Nota Kesepakatan Kerjasama (MoU) BPS-Polibara direncanakan berlaku untuk masa waktu 3 tahun dan untuk selanjutnya bisa diperpanjang.

Adapun penandatanganan MoU kedua pihak akan dilakukan di kantor BPS pada akhir Juli 2020. (red Umar Nur)

Next Post

Danrem 071/Wijayakusuma Apresiasi Budidaya Ikan Air Tawar Sistim Bioflok

Jum Jul 10 , 2020
  Kota Pekalongan – Banyumas Pos Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf […]
img 20200710 wa0000