Besok, SMA 4 Purwokerto Gelar Simulasi Manasik Diikuti 344 Siswa Kelas X

img 20200313 wa0000

Besok, SMA 4 Purwokerto Gelar Simulasi Manasik Diikuti 344 Siswa Kelas X

PURWOKERTO — Sabtu (14/3) pagi, halaman SMA Negeri 4 Purwokerto di-setingg bak pelataran Masjidil Haram. Miniatur Ka’bah disiapkan sebagai pusat simulasi tawaf.

Sebanyak 344 siswa Kelas X dijadwal mengikuti simulasi manasik haji, lengkap dangan pakaian ihram berwarna putih-putih. Mereka terbagi ke dalam sepuluh rombongan sesuai kelas masing-masing.

Para siswa dijadwalkan melaksanakan simulasi wukuf di Padang Arafah di halaman belakang sekolah. Di sana para siswa mengikuti khutbah wukuf, dilanjutkan salat jamak-qashar Zuhur dan Asar secara berjamaah.

Selanjutnya, bergerak ke Muzdalifah untuk mengambil kerikil dan Mina untuk melempar jumroh.

Kemudian menuju ke Masjidil Haram untuk tawaf ifadoh, mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran.

Simulasi berikutnya adalah sai atau berlari-lari kecil antara bukit Sofa dan Marwah.

Seluruh rangkaian kegiatan dijadwalkan rampung menjelang Zuhur.

“Besok adalah simulasi manasik tahun kedua di sekolah kami. Semoga ini bisa menjadi program rutin tahunan,” kata salah satu Guru Pendidikan Agama di sekolah setempat, Toyib Yuliadi SHI.

Untuk membimbing anak-anak dalam simulasi manasik, menurut Toyib, pihak sekolah menggandeng Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Wardah Kabupaten Banyumas.

“Alhamdulillah, kami bersyukur mendapat amanah dari SMA 4 Purwokerto untuk kembali membimbing anak-anak dalam simulasi manasik tahun ini,” kata Ketua KBIH Al-Wardah, Dra Hj Laely Mansyur.

Untuk memandu para siswa dalam simulasi manasik, menurut Hj Laely, Al-Wardah menerjunkan sedikitnya 10 orang pembimbing. (Lia)

Next Post

Polres Kebumen Sosialisasi Yang Diiringi Musik Tik tok

Jum Mar 13 , 2020
Polres Kebumen Sosialisasi Yang Diiringi Musik Tik tok Kebumen–(Banyumas Pos)Seluruh […]
img 20200313 wa0001