Bekas Pasien RSUD Dinyatakan Positif COVID-19

img 20200417 wa0009

Bekas Pasien RSUD Dinyatakan Positif COVID-19

Kebumen—(Banyumas Pos) Rabu (15/4/2020) malam, menyatakan ada bekas pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prembun dinyatakan positif Covid-19.dari Bidang Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kebumen.

Pernyataan itu disampaikan gugus tugas usai menerima hasil laboratorium swab dari Balai Besar Teknik Kesehatan dan Pengendalian Penyakit (BBTKPP) Yogyakarta.

Selasa,14/4/2020n,pasien wanita berumur 48 tahun itu sudah pulang ke Kota Bogor, tempat tinggalnya selama ini. Pasien dipulangkan RSUD Prembun, Sabtu (4/4/2020), setelah gejala klinisnya membaik.

“Yang bersangkutan masih menjalani karantina mandiri,” ungkap Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas PP Covid-19 Kebumen, Cokroaminoto, didampingi anggota Bidang Humas Kusbiyantoro, dr H Hasan Bayuni dan Eko Purwanto.

Bekas pasien itu pulang ke Kebumen, Senin (16/4/2020), dalam rangka selamatan meninggalnya orang tuanya di Kecamatan Prembun. Setelah yang bersangkutan dinyatakan positif, Puskesmas Prembun telah melakukan contact tracing,kata Kusbiyantoro.

Hasilnya ada 6 orang yang dinyatakan ODP (Orang Dalam Pemantauan) karena sering kontak langsung dengan K. Keenam orang itu menjalani karantina rumah selama 14 hari.

Dinas Kesehatan Kebumen telah menyampaikan informasi status (K) ke Dinas Kesehatan Kota Bogor. “Hasil laboratorium juga kami kirim ke sana,“tambah Kusbiyantoro.

Hasan Bayuni menambahkan, pasien (K) mengalami gejala sesak nafas, batuk batuk dan demam tinggi, Minggu (22/4/2020). (K) berobat ke RSUD Prembun. Beberapa hari setelah rawat inap, K mengalami diare. Penyakit bawaan hipertensi grade I. Gejala klinis yang sama dengan gejala Covid-19.

Setelah menjalani perawatan (K) dibolehkan pulang pada Sabtu (4/4/2020). Demam, batuk-batuk, sesak nafas serta diarenya sembuh.

Sebelum dipulangkan, RSUD Prembun mengambil swab pasien (K), Sejak pulang selama 14 hari (K) harus menjalani karantina rumah.

Status (K) ketika pulang tidak dinyatakan sembuh oleh RSUD Prembun tetapi telah melampaui masa inkubasi dengan gejala klinis membaik. (lia)

Next Post

POLRES CIANJUR BERIKAN HIMBAUAN DAN CEK PELAKSANAAN SOCIAL DISTANCING DAN PHYSICAL DISTANCING DI PT.AURORA

Jum Apr 17 , 2020
  POLRES CIANJUR BERIKAN HIMBAUAN DAN CEK PELAKSANAAN SOCIAL DISTANCING […]
img 20200417 wa0012