Baznas Banyumas Serahkan Sembako di Tengah Pandemi Corona

img 20200512 wa0018

Baznas Banyumas Serahkan Sembako di Tengah Pandemi Corona

Banyumas—(Banyumas Pos)Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyumas menyiapkan sedikitnya 13.150 paket untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi corona (COVID-19) di Kabupaten Banyumas. Dalam pembagian nantinya, data nama penerima pihaknya pekerja sama dengan BPBD dan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Banyumas agar tidak terjadi duplikasi.

“Dalam kemanusiaan banyak sekali yang harus ditolong dan zakat dapat digunakan untuk membantu mereka yang membutuhkan saat terjadi bencana seperti saat ini,” kata Ketua Baznas Banyumas KH Drs H Umar AR saat mendampingi Bupati Banyumas Achmad Husein yang melakukan penyerahan sembako kepada perwakilan tukang ojek, Selasa (12/05/2020) di Halaman Pendapa Sipanji.

Menurut Umar pandemi Covid-19 ini termasuk korban bencana alam dan bencana sosial yang masuk dalam asnaf fakir sehingga dana zakat ataupun sedekah yang telah dihimpun dapat digunakan untuk menyalurkan bantuan bagi seluruh masyarakat terdampak COVID-19.

“Sesuai Protap dari Baznas pusat, kami telah melakukan penanganan sanitasi, saat ini masuk fase pemberian bahan makanan. Baznas Banyumas telah menyiapkan 1.000 paket untuk ODP, dan 12.150 paket untuk masyarakat terdampak COVID-19.” Katanya.

Saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bupati dan Gugus Tugas Kabupaten untuk penyaluranya. Yang nantinya akan berkoordinasi dengan BPBD dan Dinsospermades agar tidak terjadi dobel dan ada warga yang tidak kebagian.

Bupati Banyumas Achmad Husein menyambut baik pentasyarufan zakat ditengah pandemi ini untuk menyisir warga yang tidak mampu yang belum mendapat bantuan.

“Kita terus mencari dan menyinkronkan data agar mereka yang tidak mampu akan mendapatkan bantuan,’ katanya

Bantuan sembako ini berupa 1 dus mie instan 5 kg beras dan 1 sacet kecap.

Dartam (56) salah satu penerima mengaku bersyukur dan bertema kasih atas bantuan yang diterima. Karena dapat meringankan beban ditengah wabah corona. (Lia)

Next Post

DUKA DPC PDIP KEBUMEN

Sel Mei 12 , 2020
DUKA DPC PDIP KEBUMEN Kebumen—(Banyumas Pos)Kepergian anggota legislatif dari Dapil […]
img 20200512 wa0019