BAWASLU CILACAP GELAR LAUNCHING DESA ANTI POLITIK UANG

Cilacap – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cilacap menggelar launching Desa Anti Politik Uang di Taman KNPI, Alun-alun Cilacap, Sabtu (9/11/2019) malam.

Acara tersebut dihadiri, Bupati yang diwakili Kepala Bakesbangpol Kabupaten Cilacap, Sadmoko Danardono, unsur Forkopimda, Forkopimcam se-Eks Kotip Cilacap, Lurah se-Eks Kotip Cilacap, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, awak media, dan undangan lain.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cilacap, Bachtiar Hastiarto mengatakan launching ini merupakan rangkaian kegiatan pembentukan, pembinaan, dan deklarasi Desa Anti Politik Uang yang telah dilakukan Bawaslu di beberapa desa di Kabupaten Cilacap.

Beberapa Desa tersebut antara lain, Desa Ciwalen, Dayeuhluhur, Desa Ujungmanik, Kawunganten, dan Desa Karanganyar, Gandrungmangu.

Selain itu, kegiatan ini dalam rangka memberikan pendidikan politik dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pemilu.

“Terutama untuk menumbuhkan kesadaran dan komitmen masyarakat menolak politik uang dalam setiap penyelenggaraan pemilu yang bersih dan berkualitas,” ucap Bachtiar.

Dia menambahkan, melalui pemilu yang bersih dan berkualitas diharapkan akan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang bersih dan berkualitas, yang akan membawa kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat.

“Untuk lebih meningkatkan daya dorong dan daya ungkit kesadaran masyarakat akan gerakan pemilu bersih dan berkualitas melalui Desa Anti Politik Uang, maka pembentukan, pembinaan, dan deklarasi Desa Anti Politik Uang kita kuatkan dengan launching Desa Anti Politik Uang ini,” tandasnya.

Bachtiar berharap, semoga langkah awal dan kecil ini dapat membangun kesadaran publik tentang perlunya pemilu yang bersih dan berkualitas.

“Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,” pungkas dia dalam sambutannya.

Selanjutnya, Bupati dan Forkopimda memberikan statement dukungan terhadap deklarasi Desa Anti Politik Uang dalam penyelengaraan pemilu.

Bupati Cilacap yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Cilacap, Sadmoko Danardono menyatakan menyambut baik launching Desa Anti Politik Uang ini. “Karena hal ini sangat mendasar guna mewujudkan pemilu yang bersih dan berkualitas,” tegasnya.

Pihaknya yakin, dengan terwujudnya pemilu yang bersih dan berkualitas akan mampu melahirkan pemimpin-pemimpin daerah, pemimpin-pemimpin nasional yang berkualitas pula, dan mampu membawa kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

Bupati melalui Sadmoko mengajak masyarakat berkampanye membangun kesadaran diri untuk tidak tergoda oleh bujuk rayu politik uang dalam pemilu.

“Insya Allah dengan terbangunnya kesadaran masyarakat, ke depan Indonesia akan lebih maju dan sejahtera,” pungkas Sadmoko.

Launching ditandai dengan pemukulan alat musik thek-thek secara bersama-sama antara Bupati dan Forkopimda. (Gal)

Berita Terkait

Leave a Comment