Badan Publik Belajar Bahasa Indonesia Yang Benar

Banyumas pos

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Banyumas pada Senin (7/10) mendapatkan penyuluhan Bahasa Indonesia dari Balai Bahasa Jawa Tengah.

Kegiatan yang bertajuk
Penyuluhan Penggunaan Bahasa Badan Publik tersebut berlangsung di Hotel Meotel Purwokerto, diikuti oleh 40 peserta utusan dari 27 kecamatan dan beberapa badan dan dinas di Kabupaten Banyumas.

Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Dr. Tirto Suwondo, M.Hum., yang menjadi salah satu narasumber penyuluhan menjelaskan, kegiatan ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan kajian Balai Bahasa Jateng mengenai penggunaan Bahasa di wilayah Provinsi Jawa Tengah beberapa tahun terakhir.

Menurut Tirto, hasil pengamatan dan penelitian Balai Bahasa, masih ditemukan banyak kesalahan penggunaan Bahasa Indonesia di berbagai ranah seperti dalam tata naskah, ruang publik dan media massa di Kabupaten Banyumas.

Tirto berharap, setelah mengikuti penyuluhan, para peserta dapat membawa pengetahuan yang diperoleh ke lingkungan kerja masing-masing, dan menularkan kepada rekan kerja dan masyarakat luas, agar dapat menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. (Lia)

Berita Terkait

Leave a Comment