Atasi Kesulitan Air Bersih, Babinsa Bantu Buat Sumur Bor

Kebumen (Banyumas Pos) – Musim kemarau panjang tahun ini membuat khawatir sejumlah masyarakat akan kekurangan pasokan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Pohkumbang, Kec. Karanganyar, Kebumen, Jumat (8/11/19). bekerjasama dengan Babinsa Koramil 04/Karanganyar Serda Heru Suyana mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kelangkaan air bagi warganya dengan pembuatan Sumur Bor.

Sebelumnya telah dilakukan berbagai upaya untuk membantu kesulitan masyarakat akan kebutuhan air bersih itu. Maka ide pembuatan sumur bor pun dilakukan Pemdes dan Babinsa dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan air bagi warga setempat.

Dalam kesempatan itu, Serda Heru Suyana menyampaikan. “untuk mengatasi krisis air maka warga pun sepakat untuk membuat sumur bor dengan kedalaman hingga 150 meter. Secara teknis dikatakan, nantinya air yang keluar akan kita tampung pada sebuah bak berukuran besar dengan kapasitas 250 liter air. Air ini dikhusunya untuk masak dan minum, sementara untuk mandi dan cuci mereka masih bisa menggunakan air sumur masing-masing meski kedalaman sudah mencapai 17 meter. Hal ini terjadi karena posisi geografi Desa Pohkumbang terletak diketinggian sekitar 125 meter DPL,” tutur Heru Suyana.

“Ide pembuatan sumur bor ini, sebagai solusi yang akan kita kembangkan untuk mengatasi permasalahan kebutuhan air bersih, sehingga akan membantu warga masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air sehari-harinya dan tidak perlu khawatir lagi,” imbuh Heru. (Lia)

Berita Terkait

Leave a Comment