ASN Setda Banyumas Berlatih Pemadaman Api

img 20201003 wa0056

Purwokerto – (Banyumas Pos)Antisipasi terjadinya kebakaran, sejumlah aparatur sipil negara di lingkungannya Setda Kabupaten Banyumas mengikuti pelatihan pemadaman api dan evakuasi kebakaran. Pelatihan diberikan oleh regu Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyumas di depan Pendopo Si Panji, pada Kamis (1/10/2020). Pelatihan dilaksanakan dengan materi pemadaman yang dimulai dari sesi teori hingga praktek.

Di awal pelatihan, regu pemadam kebakaran memberikan pengenalan alat yang dapat digunakan untuk memadamkan api, baik tradisional maupun modern. Alat tradisional meliputi sejumlah kain yang basah dan pasir, hingga alat modern yang biasa kita kenal dengan APAR (alat pemadam api ringan). Setelah mengenalkan alat, regu pemadam menjelaskan cara mengevakuasi korban yang terjebak api. Tak lupa, baju APD pemadam pun diperkenalkan kepada para peserta di akhir sesi teori.

Setelah mendengar teori, para peserta melaksanakan 3 praktek; yaitu dengan karung goni basah, tabung APAR, dan mobil pemadam kebakaran. Para peserta tampak semangat dan antusias mengikuti praktek. Walau harus berhadapan api yang panas, dengan percaya diri mereka memadamkan api yang berkobar.

img 20201003 wa0055

Azis Achlak, Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyumas mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk upaya mengantisipasi kejadian kebakaran agar paham apa yang harus dilakukan. Ditingkat kelurahan dan kecamatan pihaknya sudah memiliki program pelatihan seperti ini sebelumnya. Untuk saat ini memang difokuskan kepada instansi yang ada di Kabupaten Banyumas dengan waktu pelatihan 1 jam lebih.

“Untuk target pelatihan saat ini, sesuai yang sedang diperintahkan oleh Bapak Bupati adalah lingkup instansi atau OPD Kabupaten Banyumas. Jika semua penghuni instansi memiliki pengalaman dan pengetahuan bagaimana cara memadamkan api, ini minimal akan mempersempit ruang kebakaran” katanya.(Lia)

Next Post

Kapolsek Padaherang Mengucapkan HUT TNI ke 75 Kepada Danramil 1318 Padaherang

Sen Okt 5 , 2020
  Pangandaran Banyumas Pos 05/10/2020. Dalam Rangka HUT TNI KE […]
img 20201005 wa0019