3 Tahun Paguyuban Gombong Bersatu Di Rantau Uri _ Uri Kebudayaan Daerah

Jakarta – Dalam mempererat silaturahmi persaudaraan sesama warga Gombong , Kebumen yang ada di perantauan Jakarta , Depok , Bekasi dan sekitar lainnya didirikanlah Paguyuban Gombong Bersatu. Paguyuban ini sebagai wadah ajang silaturahmi , tukar informasi berita juga kegiatan berbagai macam usaha , untuk membantu warganya yang ada diperantauan yang masih belum punya aktifitas pekerjaan. Paguyuban Gombong Bersatu ( PGB ) dibawah pimpinan Wardoyo ini sudah ada selama 3 Tahun. Beliau mendirikan Paguyuban ini merasa terpanggil karena warga dari Gombong , Kebumen diperantauan ini jumlahnya sangat fantastis, satu dengan yang lainnya belum saling kenal, tidak ada salahnya kalau warganya dipersatukan dalam wadah yang kegiatannya positif, yaitu Paguyuban Gombong Bersatu.

Dalam membangun kebersamaan ini ketua PGB , mengajak warga mempunyai rasa solidaritas yang tinggi, guyub rukun optimis seduluran salawase ( GROSS ). PGB sendiri dibawah Binaan Dalimin , selaku sesepuh dirantau, yang juga pengasuh radio P2SC Kemayoran. PGB ini terbentuk dari 26 Paguyuban.

Dalam perayaan yang ke_3 berdirinya PGB digelar di Grand Cakung pusat pertokoan & grosir HP terbesar di Jakarta Timur , dengan menampilkan kesenian daerah Campursari, Calung, Wayang kulit , Eblek ( kuda Lumping ).

Pada perayaan ke _3 Tahun berdirinya PGB ini sengaja menampilkan kebudayaan dan kesenian asli daerah karena PGB merasa terpanggil , karena di jaman sekarang ini kita sudah tidak kenal bahkan mulai melupakan kebudayaan daerah sendiri. Kita sebagai bangsa yang besar harus bangga dan menghormati kebudayaan daerah sendiri sebagai warisan budaya leluhur.

Disamping memperkenalkan kebudayaan asli daerah , PGB juga memamerkan dan menjual hasil usaha rumah tangga / kelompok Binaan Dinas Ketrans UKM Kebumen pimpinan IR. HJ. Siti Kharisah MM. Produk produk yang sudah dihasilkan oleh Binaan tersebut diantaranya minuman Teh tarik, Kopi gemplang, batik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam memasarkan produknya sudah ada dipasaran Jakarta, Bekasi dan Depok juga didaerah Kebumen sekitarnya. Menurut Dinas Ketrans bidang UKM ini, produk yang dihasilkan untuk memenuhi pangsa pasar ini masih harus ditingkatkan dari kualitas dan kuantitas nya.

Akhir dari peringatan ke _3 Tahun PGB secara simbolis pemotongan tumpeng oleh ketua Wardoyo kepada Sumino. Dan ditutup doa oleh Dimas Suparyo. ( Tridjoko)

Next Post

SOSIALISASI BAHARKAM DAN HUMAS MABES POLRI MENGENAI DAHUA TECHNOLOGY "SMART CITY SOLUTION"

Sen Des 16 , 2019
CIANJUR (Banyumas Pos) Bertempat di Aula Amanah Primkopol Polres Cianjur […]